VISI DAN MISI


  1. Visi Sekolah Dasar Marsudirini

Karya Pendidikan Marsudirini mengembangkan pribadi yang cerdas, beriman pada Tuhan, mencintai sesama dan alam ciptaan-Nya.

Visi

Indikator Pencapaian

Pribadi yang cerdas

  1. Mampu untuk menyesuaikan diri pada berbagai perbedaan-perbedaan yang ada di lingkungan sosialnya.
  2. Rasa ingin tahu berkembang dalam proses belajar
  3. Mampu belajar dari setiap kegagalan
  4. Berpikiran terbuka
  5. Memiliki penguasaan diri yang baik
  6. Kreatif dan inovatif

Beriman pada Tuhan

  1. Teguh di dalam Tuhan
  2. Pelaku Firman Tuhan
  3. Setia pada Janji Tuhan
  4. Memiliki pikiran positif
  5. Melayani sesama yang berkesusahan
  6. Berperilaku jujur

Mencintai sesama dan alam ciptaan-Nya

Mencintai sesama dengan menunjukkan kemauan untuk menjalin relasi dengan sesama tanpa membeda-bedakan :

  1. Gerakan mengunjungi orang sakit
  2. Gerakan membantu masyarakat yang terkena bencana alam
  3. Gerakan solidaritas pendidikan : lima roti dua ikan untuk membantu siswa atau sekolah yang berkekurangan
  4. Gerakan aksi natal dan APP

Peduli Lingkungan :

Sikap bijaksana dan adil dalam menggunakan sumber-sumber alam dimulai dengan mengaplikasi 4 Reduce, reuse, recyle, repair.

Sikap peduli untuk ikut serta menjaga, memperbaiki dan mengelola lingkungan secara benar dan bermanfaat, sehingga dapat dinikmati terus menerus tanpa merusak keberadaannya :

  1. Gerakan sekolah hijau
  2. Gerakan pengolahan sampah
  3. Gerakan memanfaatkan sisa limbah
  4. Gerakan hemat energi : mematikan listrik, mematikan kran air.
  5. Gerakan penyelamatan ketersediaan air tanah : biopori, sumur resapan
  6. Gerakan kebersihan lingkungan
  7. Gerakan merawat tumbuh-tumbuhan

 

  1. Misi Sekolah Dasar Marsudirini
  1. Meningkatkan Pendidikan religiusitas dan nilai-nilai Kristiani.
  2. Meningkatkan nilai-nilai kemarsudirinian.
  3. Meningkatkan intelektual, bakat, hobi, dan keterampilan.
  4. Meningkatkan kepekaan sosial, daya juang, semangat persaudaraan, kejujuran, keadilan, dan kesederhanaan.
  5. Meningkatkan rasa cinta terhadap lingkungan.

Misi

Indikator Pencapaian

Meningkatkan Pendidikan religiusitas dan nilai-nilai Kristiani.

Adanya perubahan perilaku dalam keseharian yaitu perilaku berdoa, sikap terhadap peserta didik, guru, orangtua dan lingkungan keluarga.

Meningkatkan nilai-nilai kemarsudirinian.

Adanya perubahan perilaku sesuai nilai-nilai kemarsudirinian yaitu kesederhanaan, niat murni, setia, doa, cinta pada pekerjaan, persaudaraan, ketenangan, berterima kasih, rela berkorban, cinta alam semesta dan ciptaan Allah.

  1. Meningkatkan intelektual, bakat, hobi, dan keterampilan.

Dalam kegiatan-kegiatan akademik mampu meraih prestasi sebagai hasil dari pembinaan.

Meningkatkan kepekaan sosial, daya juang, semangat persaudaraan, kejujuran, keadilan, dan kesederhanaan.

Memiliki bekal keterampilan dasar yang dapat dikembangkan sebagai pengembangan diri di masa mendatang.

Meningkatkan rasa cinta terhadap lingkungan.

Memanfaattkan sumber-sumber alam dimulai dengan mengaplikasi 4 R dan mengelola lingkungan secara benar.

 

  1. Tujuan Sekolah Dasar Marsudirini
  1. Mewujudkan siswa yang beriman dan berbudi pekerti luhur.
  2. Mewujudkan siswa yang cerdas, berprestasi, bersaudara, dan cinta akan lingkungan.
  3. Mewujudkan pribadi yang berlandaskan semangat hidup dan spiritualitas St.Fransiskus Assisi dan Ibu Magdalena Daemen.
  4. Mewujudkan pribadi yang peka akan hidup sosial, memiliki semangat persaudaraan, kejujuran, keadilan dan kesederhanaan.
  5. Mewujudkan siswa yang mandiri, kreatif dan peduli.

Tujuan Sekolah

Indikator Pencapaian

Mewujudkan siswa yang beriman dan berbudi pekerti luhur.

Pada tahun pelajaran 2021/2022 siswa :

  1. menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
  2. bertanggung jawab terhadap anggota tubuh yang dianugerahkan Allah kepadanya
  3. santun dalam mengucapkan doa- doa harian
  4. santun dalam sikap-sikap berdoa
  5. disiplin dalam mengikuti Tata Perayaan Sakramen Baptis, Ekaristi, dan Tobat sebagai tanda dan sarana karya keselamatan Allah bagi manusia

Pada tahun pelajaran 2021/2022 guru dan tenaga kependidikan :

  1. menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
  2. disiplin dalam mengikuti Tata Perayaan Sakramen Baptis, Ekaristi, dan Tobat sebagai tanda dan sarana karya keselamatan Allah bagi manusia

Mewujudkan siswa yang cerdas, berprestasi, bersaudara, dan cinta akan lingkungan.

Pada Tahun Pelajaran 2021/2022 siswa :

  1. rata-rata UASBN mencapai nilai minimal 7,0
  2. melakukan aktivitas (misalnya melaksanakan tugas dari guru, memelihara lingkungan sekolah) sebagai tempat bertumbuh dan berkembang
  3. peduli terhadap sesama sebagai perwujudan ajaran dan karya Yesus melalui kisah Perjanjian Baru

Pada tahun pelajaran 2021/2022 guru dan tenaga kependidikan : peduli terhadap sesama sebagai perwujudan ajaran dan karya Yesus melalui kisah Perjanjian Baru.

Mewujudkan pribadi yang berlandaskan semangat hidup dan spiritualitas St.Fransiskus Assisi dan Ibu Magdalena Daemen.

Pada tahun pelajaran 2021/2022 siswa, pendidik dan tenaga kependidikan :

  1. bertanggung jawab terhadap lingkungan rumah sebagai tempat bertumbuh dan berkembang
  2. bertanggung jawab terhadap ciptaan Allah yang Maha Baik.
  3. peduli terhadap sesama sebagai wujud penghayatan nilai-nilai kasih berlandaskan keutamaan St. Fransiskus Assisi dan Ibu Magdalena Daemen.
  4. peduli terhadap nilai-nilai keutamaan Kristiani (iman, harapan dan kasih).
  5. melakukan aktivitas sosial dengan memberi bantuan kepada orang yang memerlukan pertolongan seturut teladan St. Fransiskus Assisi dan Ibu Magdalena Daemen.

Mewujudkan pribadi yang peka akan hidup sosial, memiliki semangat persaudaraan, kejujuran, keadilan dan kesederhanaan.

Pada tahun pelajaran 2021/2022 siswa :

  1. peduli pada sesama, meneladan tokoh-tokoh Perjanjian Lama.
  2. percaya diri dalam mengungkapkan iman akan karya keselamatan Allah dalam diri Yesus Kristus yang dikisahkan dalam Perjanjian Baru.
  3. jujur dalam membedakan yang baik dan buruk
  4. jujur dan adil dalam kehidupan bermasyarakat sebagai wujud karya Roh Kudus

Mewujudkan siswa yang mandiri, kreatif dan peduli.

Pada tahun pelajaran 2021/2022 siswa, pendidik dan tenaga kependidikan :

  1. bersikap peduli terhadap tempat tinggal dan tetangga sebagai pendukung pertumbuhan dan perkembangan dirinya
  2. peduli untuk memelihara kehidupan yang rukun dengan tetangga sebagai perwujudan kasih Allah
  3. mandiri terhadap kegiatan melestarikan lingkungan alam sebagai  wujud karya keselamatan Allah
  4. disiplin dalam kehidupan menggereja sesuai dengan karya Roh Kudus
  5. kreatif untuk mewujudkan buah- buah Roh Kudus dalam kehidupan bersama di masyarakat.